Apa itu E-Learning??

Apa sih itu e-learning?? Setelah saya mencoba mencari tentang istilah e-learning ini, ternyata memiliki pengertian yang sangat luas. Jadi e-learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer seperti media internet, intranet atau media jaringan komputer lainnya. Dimana e-lerning itu sendiri ternyata sering kali diidentikan hanya dengan penggunaan internet saat proses pembelajaran, tapi sebenarnya media penyampaian sangat beragam seperti cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Dan Penggunaan teknologi internet pada e-learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah. E-learning dapat mencakup pembelajaran yang formal hingga informal. E-learning secara formal tersebut seperti pembelajaran dengan kurikulum, silabis, SAP dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati. Menurut saya e-learning ada karena kebutuhan yang berdampak dari eraglobalisasi saat ini khususnya perkembangan teknologi. Dalam penggunaannya ternyata e-learning memiliki keuntungan dan kelemahan, yaitu:

Keuntungan Menggunakan E-learning

Keuntungan menggunakan e-Learning diantaranya sebagai berikut (Wahono, 2005, p. 2):

  1. Fleksibel karena siswa dapat belajar kapan saja, di mana saja, dan dengan tipe pembelajaran yang berbeda-beda.
  2. Menghemat waktu proses belajar mengajar
  3. Mengurangi biaya perjalanan
  4. Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)
  5. Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
  6. Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Kelemahan Menggunakan E-learning

Kelemahan menggunakan e-learning diantaranya sebagai berikut (Rosenberg, 2006):

  1. Karena e-learning menggunakan teknologi informasi, tidak semua orang terutama orang yang masih awam dapat menggunakannya dengan baik.
  2. Membuat e-learning yang interaktif dan sesuai dengan keinginan pengguna membutuhkan programming yang sulit, sehingga pembuatannya cukup lama.
  3. E-learning membutuhkan infrastruktur yang baik sehingga membutuhkan biaya awal yang cukup tinggi.
  4. Tidak semua orang mau menggunakan e-learning sebagai media belajar.

(sumber: Widiatmoko, R. B. 2008. E-learning. http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=227%3Ae-learning&option=com_content&Itemid=15. Akses 11 Maret 2010.)

Berdasarkan tuliasan diatas bahwa e-learning sangat baik untuk kita coba, selain menambah wawsan kita. Belajar menngunakan e-learning sangat asik mengapa karena menggunakan metode-metode yang menarik seperti animasi, musik tampilan yang menarik dan lain-lain. Untuk itu apakah anda berminat dengan e-learning?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: